MASYARAKAT MANDIRI SEJAHTERA MELALUI WIRAUSAHA

Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM) adalah program pemerintah pusat yang sudah dilaksanakan di Kota Jogja yang telah dirasakan manfaatnya langsung oleh warga. Melalui program ini dilakukan pemberdayaan masyarakat secara murni, dalam arti segala sesuatu dilakukan mandiri oleh masyarakat, inisiatif dari masyarakat dan membuka ruang partisipasi masyarakat.

Saya berkesempatan membuka secara resmi pelatihan ketrampilan untuk masyarakat yang merupakan salah satu bagian dari PNPM di Kelurahan Muja Muju pada Kamis 16 Februari lalu yangdiikuti oleh 50 warga.

Melalui pelatihan ini saya harapkan akan muncul para ahli di bidangnya, terutama dalam hal pembuatan makanan aneka ceriping, pembuatan bakpia, serta ahli perbengkelan. Saya berharap sekali para peserta di pelatihan ini dapat menyerap ilmu sebaik-baiknya sehingga dikemudian hari akan muncul peningkatan kemandirian masyarakat menuju sejahtera. Dengan ketrampilan yang dimiliki dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan potensi wilayah dan menambah kesejahteraan warga di Muja Muju.

Ketika kita berharap kota ini terbebas dari kemiskinan, penumbuhan jiwa wirausaha sejak dini menjadi salah satu solusinya. Kalau dulu bekerja pada orang lain dianggap cara untuk mendapatkan penghasilan, saat ini berwirausaha menjadi trend masa depan karena dianggap lebih prospektif untuk meraih kebebasan waktu dan keuangan. Bangsa kita membutuhkan sosok-sosok wirausahawan yang mampu. Janganlah sekedar berpikir menjadi wirausaha haruslah bermodal besar, namun dari hal-hal yang sederhana seseorang akan mampu mandiri dengan berbekal kemauan, kesungguhan dan ketrampilan memadai.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment