Sosialisasi Program Indonesia Pintar


Komisi X DPR RI Selasa (23/12/2015) menggelar acara Sosialisasi Program Indonesia Pintar (PIP) untuk siswa SD, SMP, SMA, dan SMK Kota Yogya. Dalam acara ini ribuan orang tua siswa penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) mendapatkan sosialisasi mengenai dana bantuan yang akan mereka dapat melalui program ini.


Staf Ahli Komisi X DPR RI Yan Kurnia menyampaikan, program ini dibuat pemerintahan Jokowi-JK untuk menyempurnakan program Bantuan Siswa Miskin dari pemerintahan SBY. Program ini diberikan kepada siswa yang memiliki latar belakang ekonomi kurang mampu. Di seluruh Indonesia ada sekitar 17,9 juta siswa yang  menerima Program Indonesia Pintar dari Pemerintah. Sementara untuk Kota Yogya menurutnya ada 3000 siswa penerima.

"Pemerintah tidak ingin anak–anak dengan usia wajib belajar tidak dapat bersekolah hanya karena tidak memiliki biaya," ujar Yan Kurnia.

Dia menerangkan, setiap siswa penerima Program Indonesia Pintar ini akan menerima bantuan uang dengan nominal tertentu. Uang tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik sesuai dengan kebutuhan siswa. "Program ini untuk memenuhi kebutuhan sekolah anak-anak kita, bisa untuk beli buku, sepatu, atau yang lain," kata dia.

Yan memaparkan, besaran bantuan yang didapat adalah Rp. 450 ribu untuk siswa SD,  Rp. 750 ribu untuk siswa SMP, dan Rp. 1 juta untuk jenjang SMA/SMK. Namun khusus untuk siswa kelas 1, 7, dan 10 hanya mendapat separuh dari jumlah yang didapat.  "Tahun 2016 kuotanya akan ditambah. Selama ini sistem pengusulannya online, berdasarkan data di sekolah masing-masing, jadi mungkin masih ada yang berhak menerima tapi belum mendapat," jelas dia. 

Wakil Walikota Imam Priyono menjelaskan, program ini dikawal oleh anggota DPR RI Komisi X Esti Wijayanti. Pemerintah Kota sendiri menurutnya sudah mempunyai program sendiri untuk siswa miskin.
http://krjogja.com/
23/12/15
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment