Imam Priyono : Hutan kota merupakan upaya pemerintah untuk melakukan penghijauan

Hutan kota merupakan upaya pemerintah untuk melakukan penghijauan


Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta saat ini tengah merintis untuk terciptanya hutan di tengah kota. Program ini dianggap sebagai solusi ditengah minimnya ketersediaan ruang terbuka hijau saat ini. Diharapkan dengan program tersebut keseimbangan alam perkotaan akan tetap terjaga dan nantinya dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

Wakil Walikota Yogyakarta, Imam Priyono mengungkapkan, hutan kota merupakan upaya pemerintah untuk melakukan penghijauan dengan memanfaatkan sekecil apapun lahan kosong yang masih ada. Terciptanya hutan kota juga akan menjadikan Yogyakarta sebagai wilayah tangkapan air untuk menyangga daerah di sekitarnya.

“Hutan kota sudah menjadi kebutuhan untuk penghijauan di wilayah ini. Setiap ada lahan yang kosong perlu kita hijaukan agar nantinya dapat menjadi wilayah tangkapan air,” kata Imam Priyono disela kegiatan penanaman 10 ribu pohon yang dilaksanakan Kodim 0734 Yogyakarta di Jatimulyo, Kricak, Tegalrejo, Minggu (31/01/2015).

Pemkot membagi lima wilayah untuk nantinya dijadikan hutan kota sekaligus kawasan tangkapan air. Lima wilayah itu yakni kawasan utara di Lapangan Tegalrejo, selatan di Lapangan Sidokabul Umbulharjo, barat di Lapangan Asri Wirobrajan, timur di Lapangan Karang Kotagede, serta kawasan tengah di Stadion Mandala Krida dan Kridosono.

Diungkapkan Imam Priyono, idealnya suatu wilayah itu sepertiga diantaranya merupakan kawasan hijau. Nantinya di seputaran lapangan tersebut akan dihijaukan dengan ditanami pepohonan di sekitarnya.

Sementara itu Komandan Kodim (Dandim) 0734 Yogyakarta, Letkol (Inf) Hotlan Maratua Gurning mengatakan, prajuritnya siap mendukung program penghijauan yang dilakukan pihak pemkot. Pada tahap ini Kodim telah menyediakan 10 ribu tanaman dari berbagai jenis untuk ditanam di 14 wilayah koramil yang ada.

“Setiap Sabtu kami selalu melakukan penanaman. Danramil kami perintahkan untuk mencari lahan kosong yang bisa untuk ditanami,” tegas Gurning. 

SUMBER

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment