Wacanane Apik, Perilakune Becik

Iqra
Wacanane Apik, Perilakune Becik
Oleh:

Imam Priyono

 
Kebiasaan akan membentuk karakter. Kebiasaan melakukan hal baik otomatis berbuah terbentuknya perilaku yang baik pula. Saya sangat menyadari itu. Mungkin sepele, tapi ternyata manfaatnya sungguh luar biasa.
Sejak kecil dulu, saya suka membaca buku tentang apapun. Buku-buku yang isinya adalah kebaikan. Entah itu buku tentang pengetahuan umum, biografi, atau informasi mengenai banyak hal.
Bapak mengajarkan saya untuk senang membaca. Tentunya, dengan cara beliau. Beliau sering membawa pulang buku. Saat waktu senggang, daripada saya baca buku-buku yang ada di rumah. 
Isi dari buku-buku itu adalah hal baik. Menambah ilmu dan pengetahuan. Membuka wawasan lebih luas."Buku iku akeh ilmune. Ojo pisan-pisan bosen maca buku." Begitu pesan beliau. Awalnya saya tidak begitu ngeh. Tapi, lama-lama menyadari juga manfaat dari membaca buku yang isinya baik-baik. Apapun saya baca. Bahkan, saya sering membaca sebuah buku hingga berulang kali karena tidak punya buku baru. Rasanya juga bosan juga membaca buku yang itu-itu terus. Nganti apal mulai titik dan komanya.
Jika cukup lama Bapak tidak ngasta buku baru, lalu saya memilih ngaji. Iya, ngaji. Berulang kali. Tapi, entah mengapa, saya tidak pernah merasa bosan saat ngaji. Membolak-balik lembar demi lembarnya. Bapak juga pernah ngendika, "Nek wacanane apik, perilakune uga becik." Saya jadi selalu menjaga niat dan semangat untuk membaca. Dari membaca, saya banyak belajar dan memperoleh banyak pengetahuan. Ternyata ilmu memang penting untuk sangu urip. Kata-kata atau kalimat-kalimat yang baik akan terekam kuat di alam bawah sadar. Itu ternyata, sadar atau tidak, menggerakkan tubuh untuk bertindak.
Hingga sekarang pun, kebiasaan membaca itu masih terjaga. Malah, tidak hanya buku. Sekarang, jika ada kesempatan, membaca komentar dari teman-teman di Facebook. Komentarnya baik-baik semua sehingga memberi tambahan pengetahuan untuk senantiasa berperilaku becik.
Sudahkah Anda membaca hari ini? Pasti sudah. Termasuk membaca komentar teman di Facebook, atau setidaknya tulisan ini. Salam. (*)
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment