Cinta Indonesia, Cinta Jogja

Oleh:

Imam Priyono


Cinta tiada batas.  Cinta tiada kira.
Begitulah gambaran cinta yang diungkapkan setiap warga negeri ini saat peringatan hari ulang tahun ke-71  kemerdekaan Indonesia. Setiap orang gegap gempita, bersemangat, dan antusias meneriakkan kemerdekaan. Saya sangat terharu melihat semangat yang ditunjukkan warga dalam mengisi pitulasan. Hampir seluruh kampung di kota tercinta ini selalu menghadirkan pitulasan dengan begitu semarak.  Mulai tirakatan, mengenang kehoroikan pahlawan, lomba-lomba, hingga pentas seni. 

Satu hal yang sangat nyata terasa adalah mereka melakukannya dengan penuh cinta. Cinta terhadap negeri ibi,  Indonesia. Juga, cinta kepada kota ini,  Jogjakarta. Cinta yang begitu besar.  Tiada tara. Cinta yang begitu besar itu tentunya menjadi bekal yang sangat penting untuk melangkah maju.  Memajukan Indonesia dan memajukan Jogjakarta. 

Warga berswadaya untuk menyelenggarakan kegiatan yang meriah. Entah berapa rupiah yang dikeluarkan warga secara bantingan untuk pitulasan. Mereka pun sangat kreatif mengemas acara. Pasti ada banyak ide, pikiran, gagasan, dan kreativitas yang tercurah untuk menciptakan kesemarakan pitulasan. Sangat bangga dan senang menyadari betapa tingginya rasa cinta terhadap negeri dan kota tercinta ini. Mungkin tidak semua orang ngeh atau menyadarinya.  Tapi, rasa cinta itu begitu nyata dan begitu terasa. Maka, ketika ada seorang anak yang bersepeda sambil membawa bendera plastik merah-putih melintas di depan rumah, saya sangat bangga. Mungkin apa yang dilakukan anak itu sepintas terkesan biasa saja. Biasa saja seorang anak bersepeda keliling kampung. Tapi bagi saya, itu luar biasa. Bersepeda keliling kampung sambil membawa bendera plastik merah-putih adalah luar biasa. Saya pun demikian dahulu. Dan, Anda pasti juga pernah melakukannya saat kecil dulu. Itu adalah wujud cinta yang tak perlu diungkapkan. 

Ternyata, kita semua memiliki rasa cinta yang sangat besar terhadap negeri ini.  Otomatis pula,  kita semua pasti memiliki cinta yang luar biasa terhadap tanah kelahiran Jogjakarta tercinta ini. Kota di mana telah banyak memberikan kenangan dan pengalaman tentang hidup dan kehidupan.  Cinta terhadap negeri dan tanah kelahiran harus selalu dijaga dan dilestarikan di hati. Cinta itu akan menjadi modal kuat untuk melakukan hal-hal terbaik untuk kota tercinta ini di masa depan.
Sebagai bagian dari Indonesia,  tentunya Kota Jogjakarta pun telah memberikan begitu banyak hal kepada kita semua. Nah, kini perlu direnungkan, apa yang sudah kita berikan untuk Kota Jogjakarta tercinta ini?
Saya yakin kita sudah melakukan banyak hal untuk kota ini.  Dan, kota ini masih membutuhkan cinta Anda untuk menjadi kota yang lebih baik, lebih aman, dan nyaman. 

Ayo, tunjukkan cinta Anda untuk Kota Jogjakarta tercinta!  Salam
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment