Nikmatnya Bisa Memberi Manfaat

Oleh: Imam Priyono

Setiap orang bisa memberi manfaat. Dan, manfaat bisa diberikan kepada siapa saja. Dalam bentuk apa saja. Setiap kali bersilaturahmi dengan teman-teman di berbagai kampung di Kota Jogja, saya selalu merasakan hal luar biasa. Suasananya cair. Silaturahmi yang lebih banyak diisi obrolan dan guyonan. Tapi, di sela-sela obrolan nan ringan dan guyonan segar itu, ternyata terselip banyak kebahagiaan. Seperti saat obrolan di sebuah kampung di tepi Kali Winongo. Seorang warga berkata bahwa hidup harus bermanfaat. Manfaat bagi diri sendiri dan orang lain.
"Manfaat iku becik. Becik iku nek manfaat," ujarnya.
Warga yang lain ikut menimpali. Dia menyatakan setuju dengan pendapat tadi. Hanya, dia mengaku agak sulit untuk memberi manfaat. Terlebih memberi manfaat kepada orang lain.
"Lha urip sedina-sedina wae rekasa. Piye arep manfaat," katanya.
Sebagai warga biasa yang berpenghasilan tidak besar, dia merasa sulit untuk berbuat sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain. "Nek duwe duit akeh, manfaate ketok. Lah nek kita-kita, wong cilik?" kata dia lagi. Obrolan dengan tema manfaat itu lumayan panjang. Tentunya, diselingi dengan guyonan. "Panjenengan kersa kumpul kaliyan tetanggi niku sampun manfaat. Nderek kerja bakti ugi sampun manfaat," kata saya. Ucapan saya itu disahut lagi oleh warga yang lain. "Kita sregep nderek kerja bakti. Tiap wonten kerja bakti, tidak pernah absen," katanya. Warga lainnya lagi nyeletuk, "Termasuk imbuh pas rolasan. Rong piring," ujarnya.
Gerrr. Tawa pun pecah.
Ternyata untuk memberi manfaat kepada orang lain tidak terlalu sulit. Saya sangat percaya ada begitu banyak warga di kota ini yang memiliki kesadaran untuk memberikan manfaat kepada siapa saja. Termasuk manfaar kepada kota tercinta ini.
Aktif ronda malam itu memberi manfaat. Ikut kumpulan di kampung juga manfaat. Ikut kerja bakti juga manfaat.
Membuang sampah pada tempatnya pun bermanfaat. Silaturahmi membicarakan hal-hal baik juga termasuk bermanfaat.
Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk memberikan manfaat. Tentunya, sesuai dengan kapasitas dan kapabilitas masing-masing.
Ada kata bijak yang menyebutkan sebaik-baik orang adalah yang bermanfaat. Berpegang pada kata bijak itu, mari kita selau berusaha melakukan hal terbaik yang memiliki nilai manfaat. Apapun. Lakukan saja.
Tidak perlu ragu. Jika bermanfaat bagi kemaslahatan hidup bersama, lakukan saja. Sekecil apapun.
Apabila memiliki rezeki banyak, dapat memberi manfaat dengan menggunakan rezekinya itu. Boleh.
Jika, misalnya, hanya memiliki tenaga pun tak perlu sungkan. Berikan manfaat dengan tenaga yang ada. Oke saja.
Ada kenikmatan tersendiri apabila dapat memberikan manfaat dalam kehidupan bersama ini. Saya yakin Anda pun ingin selalu memberikan manfaat kepada orang lain maupun kota tercinta ini. Salam.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment